Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Inilah Alasan Mengapa Wajah Pria Mudah Berminyak dan Berjerawat
Skin
12 February 2021

Preview 30 Seconds

Kebanyakan pria memiliki kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Ternyata ada alasan khusus yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Kelenjar yang dimiliki pria di bawah kulit berbeda dengan wanita sehingga pria cenderung memiliki wajah yang lebih berminyak dan mudah berjerawat.

Namun, memiliki wajah berminyak juga nggak selamanya buruk karena ternyata wajah berminyak bisa memberikan berbagai keuntungan bagi kulit. Meski begitu, menjaga kebersihan dan kesehatan wajah tetap penting untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik dan performa yang menunjang.

Wajah yang mengkilap dan berjerawat tentunya sangat mengganggu penampilan. Belum lagi wajah menjadi terlihat kusam dan nggak segar, makin membuat penampilan jadi jauh dari kata sempurna. Padahal penampilan merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kesuksesan, seperti pekerjaan, relasi bisnis, hingga kehidupan pribadi.

Iklim tropis yang banyak mendapat cahaya matahari bisa menyebabkan kulit wajah bermasalah. Ditambah dengan asap, debu, kotoran, dan keringat menyebabkan kulit wajah mengkilap dan berakhir dengan kemunculan jerawat.

Benefit Memiliki Kulit Wajah berminyak

Kulit wajah berminyak dan berjerawat memang akan mengganggu penampilan. Tapi, ternyata dibalik kekurangan wajah berminyak, terdapat beberapa keuntungan untuk kulit. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan pria dengan kulit wajah berminyak :

1. Kulit lebih awet muda

Kulit berminyak memproduksi sebum lebih banyak sehingga membuat kulit lebih kuat dan elastis, hal yang nggak dimiliki oleh kulit kering. Hal itu berlangsung lama sehingga kulitmu lebih sehat sampai tua dan nggak mudah mengalami keriput.

2. Kelembaban kulit terjaga

Sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea memberikan kelembaban pada kulit sehingga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, tingkat keasaman (pH) kulit lebih baik. Keseimbangan pH tersebut menghasilkan asam oleat yang lebih tebal sehingga melindungi kulit dari kuman dan bakteri.

3. Kulit lebih lembut

Pemilik kulit kering akan merasakan sedikit kasar pada kulit, berbeda dengan kamu yang memiliki kulit berminyak. Sebum membuat kulit lebih lembut karena hidrasinya terjaga maka maka proses regenerasinya lebih optimal.

5 Alasan Mengapa Wajah Pria Mudah Berminyak dan Berjerawat

Minyak pada wajah berasal dari kelenjar yang disebut dengan kelenjar sebasea. Kelenjar tersebut bertugas melindungi kulit dengan minyak alami yang disebut dengan sebum.

Pada pria, kelenjar tersebut lebih besar dan memproduksi sebum lebih banyak dibanding wanita. Hal itu berarti kulit wajah berminyak dan berjerawat merupakan masalah yang umum bagi pria.

Namun, seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, beruntungnya memiliki kulit berminyak adalah kulit lebih awet muda meski saat remaja mungkin kamu mengalami masalah jerawat.

Selain hal di atas, apa saja yang bisa menyebabkan pria mengalami wajah berminyak dan berjerawat? Berikut ulasannya.

1. DHT

Hormon DHT atau dihidrotestosteron merupakan hormon yang dihasilkan dari testosteron. Hormon DHT bukan hanya menyebabkan rambut rontok, tapi juga kulit wajah berminyak. DHT menjadi penyebab utama produksi minyak secara berlebih pada wajah.

Minyak yang diproduksi secara berlebihan ini jika nggak dibersihkan dengan baik, maka akan bercampur dengan kotoran, debu, dan bakteri kemudian menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat.

2. genetik

Nggak bisa dipungkiri bahwa genetik merupakan penyebab kulitmu juga bermasalah. Jika orang tua kamu memiliki riwayat kulit wajah berminyak dan berjerawat, maka kamu pun akan mengalami hal yang sama.

3. Cuaca

Hidup di daerah yang tropis dan mendapatkan cahaya matahari lebih banyak akan membuat kulit wajah mudah terpapar sinar UV secara langsung. Hal itu menyebabkan wajah mudah berminyak dan berjerawat. Makanya, penting sekali menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk sinar matahari.

4. Pola Makan

What you put into your body will show on the outside. Istilah tersebut cocok untuk menggambarkan pola makan yang menjadi penyebab masalah kulit wajah. Jika kamu memiliki wajah yang mudah berjerawat, maka penting sekali untuk mengatur pola makan dan menghindari makanan-makanan yang menyebabkan wajah kelebihan minyak dan jerawat, seperti susu, mentega, keju, susu cokelat, dan lain sebagainya.

5. Gaya Hidup

Gaya hidup yang nggak sehat turut menyumbang masalah pada wajah, seperti sering begadang, nggak rutin membersihkan wajah, hingga stres. Mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat dengan tidur teratur, mengelola stres dengan baik, dan olahraga secara rutin.

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Meski memiliki keuntungan tersendiri dari kulit berminyak, tapi merawat kulit tetap diperlukan karena jika nggak dirawat, kulit wajah akan bermasalah dan bisa membuat penampilan buruk.

Berikut beberapa tips untuk merawat kulit wajah yang berminyak dan berjerawat :

1. Rutin mencuci wajah

Cuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari setelah beraktifitas. Pun setelah kamu berolahraga. Pilih pembersih wajah yang lembut dan mengandung salicylic acid.

2. Hindari pembersih wajah yang mengandung scrub

Pembersih wajah yang mengandung scrub akan memperburuk kondisi jerawat. Maka, pilih yang lembut dan bisa mengontrol kelebihan minyak pada wajah.

3. Gunakan pelembab

Jangan salah, wajah berminyak dan berjerawat pun tetap membutuhkan pelembab untuk menjaganya tetap terhidrasi dan bebas minyak berlebih. Gunakan pelembab yang mengandung Benzoyl Peroxide yang efektif mengatasi jerawat. Kamu bisa menggunakan krim anti jerawat Norm melalui konsultasi dengan dokter ahli Norm. formulanya disesuaikan dengan jenis kulitmu.