Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Cara Mengatasi Garis Rambut yang Mundur
Hair
24 March 2021

Preview 30 Seconds

Seiring bertambahnya usia, pria akan mengalami mundurnya garis rambut, penipisan rambut, hingga kebotakan. Faktor yang menyebabkan masalah rambut tersebut sangat beragam, mulai dari usia, genetika, hingga gaya hidup yang nggak sehat.

Apalagi buat kamu yang saat ini sedang mengalami masalah rambut seperti garis rambut yang mundur, harus segera mengatasinya sebelum menjadi masalah yang makin besar.

Garis rambut yang mundur bisa dialami oleh pria dan wanita yang nggak cuma dialami oleh mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas, tapi usia di bawah itu pun bisa mengalaminya.

Rambut rontok memang normal dialami manusia karena rambut pun memiliki siklusnya, mulai dari masa pertumbuhan hingga masa istirahat. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika kerontokan rambut melebihi batas normal harian kerontokan.

Normalnya setiap hari manusia mengalami kerontokan hingga 100 helai rambut. Pada pria, kerontokan yang terjadi terus menerus bisa mengakibatkan kebotakan dan biasanya kebotakan tersebut dimulai dengan mundurnya garis rambut di bagian dahi.

Mengapa Bisa Terjadi Kemunduran Garis Rambut?

Kemunduran garis rambut merupakan salah satu tanda male pattern baldness dan itu sebetulnya hal alami yang pasti terjadi seiring bertambahnya usia. Male pattern baldness bisa terjadi di bagian kepala mana saja, seperti bagian atas kepala, belakang, atau samping. Namun, umumnya hal itu dimulai dari mundurnya garis rambut di bagian dahi.

Mundurnya garis rambut disertai dengan titik botak di bagian ubun-ubun, kemudian menipis di atasnya. Rambut akan terus mengalami penipisan sampai titik kebotakan dan garis rambut bertemu sehingga menimbulkan kebotakan yang lebih luas di atas kepala.

Semakin bertambahnya usia, kepekaan kulit kepala terhadap hormon DHT bisa menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga pertumbuhan rambut pun terganggu.

Hormon DHT menyebabkan rambut rontok dan rambut yang tumbuh kembali biasanya nggak terlalu sehat, menjadi lebih tipis dan pendek sehingga memberikan kesan rambut lebih tipis dan kulit kepala mulai terlihat. Namun, meski begitu, hal tersebut nggak serta merta menjadi penyebab paling besar karena ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan garis rambut mundur dan pria mengalami kebotakan.

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan pria mengalami garis rambut yang mundur :

1. Usia

Kerontokan rambut menjadi bagian alami dari penuaan. Pada kulit kepala terdapat ribuan folikel rambut yang tumbuh dengan sendirinya. Ketika rambut mengalami rontok, maka selanjutnya akan tumbuh rambut pengganti. Tapi, folikel rambut bisa saja mengalami kerusakan seiring bertambahnya usia atau berbagai faktor lainnya. Rusaknya folikel rambut bisa salah satunya menyebabkan rambut rontok dan garis rambut mundur.

2. Genetika

Genetik atau riwayat keluarga memiliki peran pada terjadinya kemunduran garis rambut. Pria dengan riwayat keluarga yang memiliki kebotakan, maka pria tersebut memiliki kemungkinan besar untuk mengalami hal serupa. Kebotakan yang akan dialami pun bentuknya biasanya nggak beda dengan generasi sebelumnya.

Misalnya, jika orangtua kamu mengalami kebotakan yang dimulai dengan mundurnya garis rambut, kamu pun akan mengalami hal serupa. Begitu pula jika kebotakan yang dialami orangtua kamu berada di atas kepala, maka kamu pun akan mengalami kebotakan di bagian atas kepala juga.

3. Gaya hidup

Gaya hidup dan kerontokan rambut memiliki keterkaitan. Pria yang memiliki gaya hidup nggak sehat, seperti suka merokok dan bergadang, maka bisa mengalami masalah kerontokan yang lebih cepat dibandingkan dengan pria yang menerapkan gaya hidup sehat.

Nggak cuma gaya hidup aja, mundurnya garis rambut dan kerontokan juga ada kaitannya dengan asupan harian kamu. Jika nutrisi yang dibutuhkan rambut nggak tercukupi, maka kamu akan lebih mudah mengalami rontok.

Cara Mengatasi Garis Rambut Mundur

Mundurnya garis rambut memang nggak bisa dipisahkan dari pertambahan usia, terlebih jika kamu memiliki genetik atau riwayat keluarga yang mengalami hal serupa, kamu memiliki kemungkinan besar untuk mengalami hal tersebut juga.

Kamu bisa mengatasi mundurnya garis rambut dengan beberapa hal berikut, di antaranya adalah :

1. Konsumsi vitamin dan mineral

Jika kamu mengalami garis rambut yang mundur karena pola makan yang kurang tepat, maka kamu bisa mulai untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan rambut.

  • Vitamin A untuk pertumbuhan rambut dan jaringan tubuh
  • Vitamin B untuk membantu sirkulasi oksigen dan nutrisi ke folikel rambut
  • Vitamin C yang membentuk kolagen, baik untuk menjaga rambut dan kulit sehat
  • Zat besi untuk membantu membawa oksigen ke kulit kepala

2. Mengubah gaya hidup

Stres dan gaya hidup yang ngga sehat lainnya bisa jadi pemicu kerontokan rambut. Jika kamu sudah terbiasa melakukan gaya hidup yang nggak sehat, maka sebaiknya kamu mengubahnya mulai dari sekarang karena gaya hidup sehat memiliki banyak keuntungan, bukan hanya tubuh yang sehat, tapi rambutmu juga.

3. Hair care

Perawatan rambut rontok menjadi hal yang sangat penting ketika kamu sudah memiliki masalah dengan itu. Jangan sampai masalah kerontokan dibiarkan karena bisa membuat kondisi rambut lebih parah.

Kamu bisa mulai dengan konsultasi untuk mendapatkan produk perawatan rambut rontok yang efektif mengatasi kerontokan dan memicu pertumbuhan rambut baru sehingga garis rambut kamu bisa lebat kembali.