Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Atasi Stres dan Insomnia Dengan Mindfulness
Lifestyle
10 March 2021

Preview 30 Seconds

Setiap manusia pasti punya masalah hidupnya masing-masing. Nggak jarang masalah-masalah tersebut menumpuk di kepala dan membuat stres. Ketika malam menjelang tidur pun mata sulit terpejam karena kepala selalu penuh dengan berbagai pertanyaan dan bayangan masalah yang ada.

Hal itu tentu akan mengganggu kehidupan, baik secara fisik maupun mental. Kurang istirahat dan stres berkepanjangan bisa membuat seseorang kesulitan mengendalikan emosi dan berakibat buruk pada kesehatan secara fisik. Cara mengatasi hal tersebut bisa dilakukan sendiri, salah satunya dengan mindfulness, yaitu kesadaran sepenuhnya akan diri sendiri.

Pekerjaan yang menumpuk dan berbagai masalah hidup lainnya bisa menyebabkan seseorang menjadi stres dan kesulitan tidur saat malam hari. Ketika akan pergi tidur, berbagai pikiran muncul hingga tubuh terus terjaga padahal hari sudah berganti pagi sedangkan beberapa jam lagi kamu harus pergi bekerja.

Hal itu tentu akan mengganggu produktivitas sehari-hari. Stres yang berkepanjangan juga akan menimbulkan hal yang lebih buruk, seperti fisik yang mudah sakit, kehilangan motivasi, insomnia parah, hingga depresi yang berujung pada keinginan untuk mengakhiri hidup.

Hal seperti itu nggak bisa dibiarkan, harus segera diatasi. Jika kamu sudah mulai merasa stres dan terlebih menjadi mengalami sulit tidur atau insomnia, maka kamu bisa mulai melakukan mindfulness untuk meraih ketenangan hati dan pikiran.

Apa Itu Mindfulness dan Manfaatnya

Mindfulness merupakan kemampuan dasar manusia untuk hadir seutuhnya dan menyadari sepenuhnya di mana ia berada dan apa yang sedang dilakukan.

Seringkali seseorang nggak mindful, tubuh ada di sini tapi pikiran berada di tempat lain, memikirkan hal-hal lain yang bukan sedang dilakukannya. Hal itu bisa menimbulkan kecemasan terhadap suatu hal, baik soal pekerjaan, keluarga, atau bahkan masa lalu.

Mindfulness merupakan salah satu jenis meditasi yang membuat kamu fokus pada apa yang sedang dirasakan saat ini, tanpa interpretasi atau penilaian. Melakukan mindfulness mencakup metode pernapasan hingga praktik lain untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks serta membantu mengurangi stres.

Ada tiga manfaat mindfulness untuk meningkatkan kesejahteraan hidup secara keseluruhan, yaitu :

  1. Mindfulness meningkatkan wellbeing. Meningkatkan kesadaran secara keseluruhan untuk hidup yang lebih memuaskan. Sadar secara utuh di mana kamu berada saat ini bisa memberikan energi untuk aktivitasmu. Fokus pada apa yang sedang dilakukan di sini dan pada saat ini mampu mengurangi rasa cemas dan kekhawatiran yang akan berujung pada stres.
  2. Mindfulness meningkatkan kesehatan fisik. Jika wellbeing saja nggak cukup untuk menjadi sebuah hal yang didapatkan atas mindfulness, beberapa ilmuwan menemukan teknik mindful yang bisa meningkatkan kesehatan fisik. Manfaat mindful untuk kesehatan fisik di antaranya adalah membantu meredakan stres, menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi nyeri, hingga meningkatkan kualitas tidur.
  3. Mindfulness meningkatkan kesehatan mental. Beberapa tahun terakhir, para psikoterapis menjadikan meditasi mindfulness sebagai elemen penting untuk rangkaian treatment pada masalah, seperti depresi, penyalahgunaan obat terlarang, gangguan makan, konflik pasangan, gangguan kecemasan, hingga OCD.

Mindfulness Untuk Mengatasi Stres dan Insomnia

Gangguan tidur berkaitan erat dengan stres. Memikirkan masa lalu atau masa depan secara berlebihan bisa membuat seseorang mengalami insomnia karena kekhawatiran berlebihan terhadap masa depan atau ketakutan akan masa lalu.

Hal itu akan membuat seseorang mengalami stres. Saat stres, tubuh melepaskan hormon adrenalin dan norepinefrin yang bisa menyebabkan detak jantung dan tekanan darah meningkat.

Meditasi mindfulness merupakan teknik relaksasi yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh sekaligus. Meditasi juga mampu mengontrol sistem saraf otonom yang berpengaruh pada pola tidur. Selain itu, hormon melatonin akan meningkat sehingga memicu rasa kantuk, menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

Saat melakukan meditasi mindfulness, kamu akan fokus pada pernapasan sehingga membawa perhatian dan fokus kamu pada masa sekarang. Membantu kamu mengurangi hal-hal negatif yang menyebabkan stres. Pikiran pun akan lebih tenang dari sebelumnya.

Nggak hanya itu, meditasi juga dinilai mampu mengaktifkan gelombang gamma pada otak yang punya peran dalam proses belajar, konsentrasi, kesadaran, dan ingatan sehingga dipercaya bisa menghasilkan emosi positif yang menyebabkan perasaan bahagia.

Teknik Mindfulness

Meski banyak cara untuk mempraktikkan mindfulness, tapi tujuan dari teknik mindfulness tetap sama, yaitu meningkatkan kewaspadaan, fokus pada relaksasi dengan memperhatikan pikiran dan perasaan yang timbul tanpa ada penghakiman. Hal itu membuat pikiran kembali fokus pada saat ini.

Meditasi mindfulness bisa dilakukan dengan pernapasan pada 10 hitungan, menahannya dalam 10 hitungan, kemudian membuangnya dalam 10 hitungan pula.

Beberapa teknik mindfulness di antaranya adalah :

  1. Body scan meditation. Bersandar dengan kaki lurus dan lengan di samping tubuh, telapak tangan menghadap ke atas. Fokuskan perhatian pada tubuh, dari kaki hingga kepala. Perhatikan sensasi yang muncul pada tubuh, emosi, atau pikiran yang muncul. Biarkan semua itu hadir kemudian lepaskan.
  2. Sitting meditation. Duduk dengan nyaman dan punggung lurus, telapak kaki menyentuh lantai dengan rata dan tangan berada di pangkuan. Bernafaslah melalui hidung, fokus pada nafas yang masuk dan keluar dari tubuh.
  3. Walking meditation. Temukan tempat yang tenang kemudian berjalan perlahan. Fokus pada langkah kaki dan sensasi selama kamu berjalan. Saat mencapai ujung jalan, putar arah dan kembali berjalan. Pertahankan fokus yang sudah kamu bangun di awal perjalanan.