Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Wajib Tahu! Durasi Berhubungan Seks yang Ideal
Sex
29 December 2020

Preview 30 Seconds

Meski hampir setiap orang melakukan hubungan seks, namun nggak sedikit yang masih bertanya-tanya berapakah durasi berhubungan seks yang ideal, misalkan durasi saat berhubungan dan seminggu mestinya berapa kali.

Beberapa ilmuwan bahkan melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan mengenai durasi yang ideal dalam berhubungan seks. Selain itu, berhubungan seks juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Bagi sebagian besar orang, durasi dalam berhubungan seks bisa menjadi salah satu syarat mendapatkan kepuasan seksual. Terlebih bagi pasangan muda yang baru menikah, durasi hubungan seksual menjadi hal yang paling dieksplorasi dengan berbagai posisi demi mendapatkan kepuasan.

Namun, durasi hubungan seks setiap orang tentu akan berbeda-beda. Banyak faktor yang memengaruhi perbedaan durasi setiap orang. Usia juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi durasi dalam berhubungan seksual.

Manfaat Hubungan Seksual Untuk Kesehatan

Terlepas dari hakikat berhubungan untuk bereproduksi, hubungan seks memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat hubungan seks bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Menjaga kekebalan tubuh

Orang yang melakukan hubungan seks secara rutin memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat untuk melawan kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit. Hubungan seks juga dapat meningkatkan kadar antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

2. Membakar kalori

Hubungan seks merupakan kegiatan fisik yang bisa membakar kalori. Berhubungan seks selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 200 kalori.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa mnyebabkan penyakit jantung dan stroke. Saat berhubungan intim, pembuluh darah melebar dan membantu meningkatkan aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh serta mengurangi tekanan darah.

4. Meredakan stres

Selain meredakan stres, berhubungan seks juga bisa meredakan stress dan membuat tubuh lebih rileks. Tak hanya berhubungan seks, kegiatan fisik seperti berpelukan atau berpegangan tangan juga bisa memicu pelepasan oksitosin pada tubuh dan memicu rasa bahagia pada otak.

5. Membuat awet muda

Berhubungan seks bisa membuat kamu lebih awet muda karena bisa mengurangi stress, meningkatkan perasaan senang, dan bikin tidur lebih nyenyak. Hal itu bisa membuat kamu tampak lebih muda dan sehat.

Durasi Hubungan Seksual yang Ideal

Bicara soal durasi berhubungan, sebetulnya nggak ada durasi yang spesifik untuk menggambarkan idealnya kegiatan hubungan seksual. Namun, melansir dari Halodoc, menurut pakar dating, sex, and relationship, Tracey Cox, hubungan seksual yang dilakukan seminggu sekali terhitung sangat minim. Sedangkan durasi yang ideal dalam seminggu adalah 3 – 4 kali berhubungan seks.

Pasangan yang melakukan hubungan seks hanya enam kali sebulan atau setara dengan 1 – 2 kali seminggu dapat menimbulkan mood yang kurang baik, cepat marah, mudha tersinggung dengan hal yang dilakukan pasangan hingga menurunnya semangat kerja.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa berhubungan seks selain bisa membangun kedekatan yang tinggi pada pasangan, juga dapat memperbaiki mood dan meningkatkan imunitas tubuh. Makanya, setiap pasangan disarankan untuk melakukan hubungan intim secara rutin untuk memperoleh manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, harap diingat pula bahwa manfaat kesehatan itu bisa didapatkan jika pasangan melakukan hubungan seks hanya dengan pasangan resminya saja. Berganti-ganti pasangan sangat tidak disarankan karena justru dapat memicu penyakit menular seksual.

Hasil penelitian dari National Centre for Biotechnology Information (NCBI), seperti yang dituliskan dalam Kumparan Sains, menyebutkan bahwa variasi waktu rata-rata yang dibutuhkan pasangan dalam berhubungan seks berkisar 5,4 menit.

Selain itu, mengutip dari Helathline, sebuah studi yang dilakukan oleh Society for Therapy and Research, menyepakati bahwa durasi ideal dalam berhubungan seks adalah 7 – 13 menit.

Faktor yang Memengaruhi Durasi Hubungan Seks

Durasi setiap orang tentunya akan berbeda-beda tergantung bagaimana keadaan orang tersebut. Banyak faktor yang memengaruhi, di antaranya adalah :

1. Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang, durasi yang dilalui dalam berhubungan seks akan menurun. Tapi, nggak menutup kemungkinan juga bagi pria yang masih berusia muda memiliki durasi yang pendek dalam berhubungan seks. Faktor yang memengaruhi durasi di usia muda biasanya adalah tingkat stres yang tinggi, gaya hidup nggak sehat, serta faktor lainnya.

2. Ejakulasi dini

Ejakulasi dini merupakan gangguan kesehatan seksual yang membuat pria nggak mampu untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi sehingga dapat menyebabkan durasi hubungan seksual menjadi sangat pendek dan membutuhkan waktu lama untuk mencapai klimaks serta mendapatkan kepuasan seksual.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan durasi yang diinginkan oleh pasangan. Selain itu, durasi yang lama juga bisa didapatkan dengan kerjasama dari pasangan untuk membantu pria mendapatkan kepuasan seksual.

Jika kamu mengalami kesulitan mendapatkan ereksi atau ingin mendapatkan durasi yang lebih lama dalam berhubungan, konsultasi segera dengan dokter ahli dari norm untuk mendapatkan solusi dan kehidupan seksual yang lebih baik.