Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Kulit Kusam Pada Pria Tanda Penuaan dan Dehidrasi
Skin
12 April 2021

Preview 30 Seconds

Pria cenderung nggak terlalu peduli dengan urusan wajah, apalagi wajah kusam. Mereka baru akan mulai melakukan perawatan jika sudah mengalami masalah. Padahal merawat wajah dan menerapkan gaya hidup sehat bisa bikin kulit sehat dan bebas masalah.

Salah satu masalah kulit wajah yang cenderung disepelekan adalah kulit wajah kusam. Masalah tersebut bisa muncul sebagai tanda wajah mengalami penuaan dan dehidrasi.

Kulit wajah bisa mengalami berbagai masalah, seperti jerawat, berminyak, dan kusam. Kulit yang bermasalah tentunya bisa bikin wajah jadi nggak segar dan kelihatan lebih tua. Pria umumnya bermasalah dengan kulit kusam karena kurangnya treatment wajah, gaya hidup yang nggak sehat, dan kurangnya tidur.

Kulit kusam nggak mendapatkan cukup kelembaban sehingga menjadikan wajah tampak lebih gelap. Beberapa kebiasaan bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Jika nggak melakukan treatment wajah, maka masalah kulit lainnya pun bisa timbul.

Penyebab Kulit Kusam Pada Pria

Umumnya pria memiliki masalah pada kulit wajah dan nggak begitu memperdulikan hal tersebut. Padahal kulit merupakan organ terbesar yang ada pada tubuh sehingga harus dijaga kesehatannya. Beberapa faktor berikut merupakan penyebab timbulnya wajah kusam, yaitu :

1. Bertambahnya usia

Semakin bertambah usia seseorang, produksi kolagen pada kulit semakin berkurang sehingga kulit akan mengalami penuaan, seperti keriput, kering, hingga kusam.

2. Sering terpapar sinar matahari

Kebanyakan pria ada aktivitas di luar ruangan, meski hanya sebentar. Hal itu bisa bikin kulit terpapar sinar UV yang bisa menyebabkan masalah kulit, seperti berminyak dan kusam. Apalagi jika kamu nggak menggunakan sunscreens.

3. Kebiasaan bergadang

Kolagen dibentuk oleh sistem imun tubuh sehingga saat kamu kurang tidur, sistem imun akan turun dan tubuh menjadi kesulitan memiliki kolagen yang cukup. Akibatnya kulit wajah menjadi kusam dan timbul kantung mata.

4. Kurangnya asupan cairan

Mengutip dari hellosehat, sebuah studi dalam jurnal Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology menyebutkan bahwa mengonsumsi cukup air bisa membantu kulit lebih sehat. Air bisa menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Jika kamu kurang asupan cairan maka kulit akan mengalami masalah.

Penuaan dan Dehidrasi Kulit Menyebabkan Kulit Wajah Kusam

Seiring berjalannya waktu, kulit akan mengalami penuaan. Namun, masalah penuaan, seperti keriput dan timbulnya garis halus bisa terjadi bahkan saat usia seseorang belum mencapai 40 tahun. Hal seperti itu nyatanya sering terabaikan dan dianggap nggak penting untuk diperhatikan.

Justru saat kamu masih berusia muda harus rajin melakukan treatment wajah untuk menjaga kulit tetap sehat, bahkan saat usia sudah menua karena kulit juga merupakan investasi seumur hidup untuk melindungi organ-organ lain pada tubuh.

Masalah kulit yang pasti terjadi seiring bertambahnya usia adalah penuaan. Penuaan memang nggak bisa dicegah tetapi masih bisa diperlambat dengan rutin melakukan perawatan wajah dan konsumsi makanan bernutrisi serta menjaga asupan cairan yang cukup.

Salah satu tanda penuaan awal kulit wajah adalah tampak kusam karena proses pergantian sel-sel kulit secara alami telah melambat sehingga sel kulit mati menumpuk di wajah. Kekusaman juga semakin parah dengan nggak adanya perawatan wajah, seperti eksfoliasi atau moisturizer bahkan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, kulit wajah kusam juga disebabkan oleh dehidrasi kulit, yaitu kuranya kadar air di dalam lapisan kulit sehingga menjadi lebih kering, perih, dan terlihat kusam. Secara keseluruhan, warna kulit jadi nggak merata dan muncul garis halus yang juga menjadi tanda penuaan.

Meski kulit dehidrasi mengalami kering namun berbeda dengan jenis kulit kering. Jika kulit dehidrasi kekurangan kadar air, maka jenis kulit kering adalah kekurangan minyak alami atau sebum. Keduanya memiliki treatment yang berbeda dalam mengatasinya.

Kamu bisa mengatasi penuaan dan dehidrasi dengan berbagai cara, seperti :

  1. Penuhi asupan cairan dengan minum air setidaknya 8 gelas sehari
  2. Konsumsi buah dan sayur
  3. Rutin menggunakan moisturizer
  4. Aplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah
  5. Tidur cukup dan mengelola stres dengan baik

Gaya hidup sehat yang diterapkan sehari-hari dan penggunaan face care bisa membantu menunda penuaan dan mengatasi kulit dehidrasi.