Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Makanan yang Harus Dihindari Pria yang Mudah Berjerawat
Skin
16 December 2020

Preview 30 Seconds

Masalah jerawat merupakan masalah umum yang hampir semua orang mengalaminya. Setiap pria punya masalahnya sendiri, mulai dari penyebab, hormon, dan sebagainya. Ada yang berjerawat hanya saat puber saja, ada pula yang hingga usia sudah bertambah masih saja jerawatan sampai sekarang.

Nggak sedikit pula yang memiliki wajah gampang jerawatan. Salah makan sedikit bisa timbul jerawat, stres sedikit langsung jerawatan, sampai lupa cuci muka saja sudah muncul jerawat di hampir seluruh wajah. Punya wajah mudah berjerawat memang cukup memusingkan, namun pria bisa menyiasatinya dengan beberapa hal, salah satunya adalah menghindari makanan yang memicu jerawat.

Faktor penyebab jerawat sangat beragam. Mulai dari gaya hidup, makanan, hingga tingkat stres. Selain itu, banyak juga pria yang mengalami masalah bukan hanya jerawat semata tapi juga kulit yang berminyak, kering, bahkan kombinasi.

Bukan hanya faktor dari luar saja yang bisa menyebabkan jerawat, seperti debu dan kotoran, tapi juga dari dalam, seperti makanan dan pengaruh gaya hidup yang nggak sehat. Perawatan dari luar tubuh saja nggak cukup untuk bisa mengatasi wajah yang mudah berjerawat, harus dari luar dan dalam agar lebih maksimal.

Makanan yang Wajib Dihindari Pria dengan Wajah Mudah Berjerawat

Makanan memang punya peran yang signifikan untuk kesehatan tubuh dan kulit. Namun, nggak semua makanan baik untuk kesehatan kulit, ada juga makanan yang harus dihindari karena memiliki potensi menyebabkan jerawat.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari agar jerawat nggak mudah timbul.

1. Makanan Pedas

Bagi sebagian besar orang Indonesia, makan tanpa sambal rasanya kurang mantap. Namun, ternyata jika kamu terlalu banyak makan pedas, maka bisa menimbulkan jerawat, terlebih jika kamu memiliki wajah yang mudah berjerawat. Rasa pedas dari cabai bisa membuat kulit lebih mudah mengalami peradangan sehingga dapat memicu jerawat. Kamu bisa mengganti rasa pedas dari cabai dengan merica.

2. Makanan Manis

Makanan atau minuman manis yang mengandung gula tinggi bisa memperparah kondisi jerawat. Orang yang mengonsumsi gula dalam makanan dan minuman secara berlebihan memiliki kondisi kulit yang buruk sehingga mudah mengalami peradangan kulit dan keriput.

Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi gula terlalu banyak pada tubuh adalah gula darah dan level insulin tubuh akan naik serta meningkatnya produksi minyak yang mengakibatkan pori-pori wajah tersumbat dan berjerawat.

3. Produk Olahan Susu

Jenis susu skim bisa menyebabkan munculnya jerawat. Termasuk olahan susu, seperti keju, es krim, dan sebagainya. Kamu bisa mengganti jenis susu dengan susu yang berbahan dasar tumbuhan, seperti kedelai atau almond untuk mengurangi risiko munculnya jerawat.

Produk susu dan olahannya juga bisa menimbulkan produksi minyak berlebih pada wajah sehingga bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan munculnya jerawat.

4. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung tinggi asam lemak omega 6 bisa memicu timbulnya jerawat. Melansir dari sehatq.com, hal tersebut berkaitan dengan gaya makanan western yang banyak mengandung minyak jagung dan kedelai yang tinggi asam lemak omega 6.

Asam lemak omega 6 yang nggak seimbang dengan porsi omega 3 pada tubuh bisa menyebabkan peradangan dan membuat kondisi jerawat makin parah. Selain itu, makanan cepat saji, seperti burger, nugget, atau kentang goreng juga mengandung lemak tinggi sehingga bisa menyebabkan kondisi kulit makin parah.

5. karbohidrat Olahan

Roti, crackers, sereal, dan pasta merupakan makanan yang termasuk ke dalam karbohidrat olahan. Makanan jenis ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin karena masuk ke dalam aliran darah dengan cepat. Kadar insulin yang tinggi ini nggak bagus untuk kamu yang memiliki wajah mudah berjerawat karena bisa mendorong hormon androgen lebih aktif dan menyebabkan produksi sebum atau minyak secara berlebih.

Seimbangkan juga dengan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengelola stres dengan baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Jika mengalami masalah jerawat, konsultasi segera dengan dokter ahli untuk mengatasi masalah jerawat untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik dan wajah yang sehat.