Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Manfaat Tidur Cukup Untuk Hidup yang Lebih Baik
Lifestyle
24 March 2021

Preview 30 Seconds

Tidur merupakan hal yang terdengar sepele tapi ternyata mampu memberikan keajaiban bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Tidur memiliki sepertiga dari hidup kita dan berpengaruh terhadap kebiasaan dan kesehatan kita.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan tubuh dan mental jika waktu tidur kamu cukup. Atur waktu sebaik mungkin agar pola tidur sehat dan waktu tidur tercukupi. Manfaat ini juga bisa mengubah hidup kamu secara signifikan menjadi lebih baik.

Mungkin selama ini kamu menganggap tidur adalah kegiatan mengistirahatkan badan dan pikiran. Bahkan nggak sedikit pula yang belum memenuhi waktu tidur yang cukup. Setiap orang memang memiliki kebutuhan tidur masing-masing, tapi menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention umumnya waktu tidur orang dewasa adalah 7-8 jam.

Tidur menempati sepertiga porsi hidup kita, makanya hal itu sangat berpengaruh terhadap keseluruhan hidup, baik kesehatan maupun kebiasaan. Contoh efek yang langsung terasa ketika kamu kurang tidur adalah menjadi mudah tersinggung, nggak fokus menjalani aktivitas, dan berakhir dengan sakit kepala atau nggak enak badan.

Pengaruh Aktivitas Sehari-hari Terhadap Pola Tidur

Kegiatan sehari-hari kamu saat siang sangat memengaruhi pola tidur kamu di malam hari. Kamu harus benar-benar memperhatikan kegiatan fisik dan kondisi mental di siang hari jika ingin tidur nyenyak di malam hari.

Kebiasaan-kebiasaan berikut bisa membuat tidur malam kamu jadi terganggu dan nggak nyenyak :

  • Kegiatan fisik yang berlebihan, seperti olahraga berat
  • Merokok
  • Mengonsumsi alkohol dan kafein saat sore hari
  • Makan saat larut malam

Saat menjelang waktu tidur, kamu harus mulai memberikan jeda terhadap asupan yang masuk ke tubuhmu. Berikan jeda paling lambat tiga jam sebelum waktu tidur kamu, misal kamu terbiasa tidur jam 10 malam, maka makan sebelum jam tujuh malam.

Manfaat Tidur Cukup Untuk Hidup Secara Keseluruhan

Tubuh yang sudah bekerja keras seharian tentu akan mengalami kelelahan dan Tuhan menciptakan tidur sebagai waktu untuk kamu beristirahat dan mengembalikan energi yang telah terpakai seharian. Maka dari itu, tidur sangat penting manfaatnya untuk membuat tubuh dan jiwa kamu dapat bekerja dengan baik.

Jika kamu kurang tidur setiap malam, maka akan mudah terserang penyakit. Pagi hari kamu juga menjadi nggak bersemangat dan muram. Memiliki waktu tidur yang cukup bisa memberikan banyak manfaat.

Berikut beberapa manfaat tidur cukup bagi tubuh :

1. Menjaga kesehatan jantung

Risiko serangan jantung dan stroke lebih tinggi diderita oleh orang yang sering tidur dini hari. Hal itu terkait pada kesehatan pembuluh darah sehingga kemungkinan memburuknya tekanan darah akan akan lebih tinggi. Jantung akan lebih sehat jika kamu memenuhi waktu tidur selama 7-9 jam.

2. Meredakan stres

Ketika tubuhmu kurang tidur, maka kemungkinan untuk mudah terserang stres akan lebih besar. Tubuh kamu akan menjadi lebih waspada karena tekanan darah dan produksi hormon stres yang berlebihan. Nah, meningkatnya tekanan darah ini berisiko terhadap serangan jantung dan stroke serta hormon stres akan membuat kamu kesulitan tidur di malam hari.

3. Mempertajam ingatan

Tidur sangat penting untuk fungsi otak, termasuk fungsi kognitif, konsentrasi, produktivitas, dan performa. Tidur memiliki peran penting terhadap proses konsolidasi memori. Saat tidur, mungkin tubuh kamu istirahat, tapi otak kamu tetap bekerja memproses segala ingatan, perasaan, dan aktivitas yang kamu lakukan. Pentingnya tidur nyenyak untuk membantu otak bekerja dengan baik

4. Meningkatkan sistem imun

Melansir dari Healthline, bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam akan tiga kali lebih mudah terserang flu dibandingkan yang memiliki jam tidur sampai delapan jam atau lebih.

5. Mood booster

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa saat tidur otak tetap bekerja memproses banyak hal, termasuk perasaan atau emosi. Ketika kamu kurang tidur, proses itu akan terjeda dan menimbulkan emosi negatif. Kurang tidur bisa membuat seseorang mengalami mood disorder. Ketika memiliki insomnia, seseorang akan lebih mudah terserang depresi, kecemasan, atau panic disorder.

Maka, memiliki waktu tidur yang cukup bisa membuat mood kamu lebih baik dan tentunya lebih ringan dan fokus menjalani kegiatan sehari-hari.

Jika kamu salah satu yang belum memiliki waktu tidur yang cukup, maka mulai ubah gaya hidup kamu dari sekarang. Gaya hidup sehat bukan hanya membuat fisik kamu saja yang lebih sehat, tapi juga mental.