Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Apakah Masturbasi Sebabkan Jerawat Pada Pria?
Skin
17 September 2020

Preview 30 Seconds

Masturbasi dan jerawat. Dua hal yang sering dikaitkan sebab akibatnya. Pria beranggapan bahwa masturbasi menjadi penyebab munculnya jerawat.

Jerawat adalah kondisi yang terjadi karena adanya peradangan pada pori-pori kulit akibat penumpukan kotoran, minyak, dan debu yang nggak dibersihkan secara maskimal. Kadar minyak pada wajah juga disebabkan oleh peningkatan hormon seksual pria. Saat masturbasi, kadar hormon juga meningkat. Lalu apakah benar masturbasi adalah penyebab jerawat?

Masih banyak orang, terutama pria yang percaya bahwa masturbasi bisa menyebabkan jerawat. Apalagi pada remaja yang sedang memasuki masa pubertas.

Jerawat pada pria memang dipengaruhi oleh hormon seksual, yaitu hormon testosteron. Tapi, apakah benar mitos yang beredar bahwa masturbasi bisa menyebabkan jerawat pada pria?

Apakah Masturbasi Menyebabkan Jerawat?

Anggapan soal masturbasi bisa menyebabkan jerawat memang menjadi mitos umum yang dipercaya hampir sebagian besar pria. Pada beberapa kasus, pria mengalami wajah berjerawat di sekitar waktu yang bersamaan dengan masturbasi. Hal itu menjadi sebuah persepsi bahwa masturbasi dapat menyebabkan jerawat.

Pada masa pubertas, perubahan hormon bisa menyebabkan tubuh memproduksi minyak secara berlebih yang dapat menimbulkan jerawat. Nah, pada masa pubertas ini juga, nggak sedikit pria yang melakukan masturbasi sehingga menjadi pemicu kepercayaan terhadap mitos tersebut.

Melansir dari Medical News Today, meski masturbasi dapat menyebabkan perubahan kadar hormon pada tubuh, namun perubahannya juga sangat kecil. Saat pria melakukan masturbasi, kadar testosteron meningkat dan akan kembali normal setelah ejakulasi.

Pada remaja, peningkatan kadar hormon testosteron bisa menyebabkan naiknya sebum atau minyak pada pori-pori kulit, termasuk wajah. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada remaja.

Sedangkan pada pria dewasa, jerawat bisa saja terjadi, bukan hanya saat pubertas karena banyak faktor yang memengaruhi. Jadi, nggak peduli pria sering melakukan masturbasi, sudah melakukan hubungan seksual atau belum, jerawat pasti akan tetap muncul kapan saja.

Penyebab Jerawat Pada Pria

Seperti diketahui bahwa jerawat muncul saat terjadi perdangan pada pori-pori kulit akibat kotoran, minyak, dan debu yang menumpuk. Tapi, faktor yang menyebabkan jerawat juga beragam, bukan hanya satu sebab saja.

Ada kalanya juga tubuh mengalami fase gagal membuang sel kulit mati sehingga sel kulit mati tersebut menumpuk di sela-sela pori-pori sehingga menimbulkan jerawat, komedo, hingga flek hitam pada wajah. Kondisi tersebut tentunya menjadi masalah dan bisa membuat kepercayaan diri pemilik wajah menjadi menurun.

Maka, kamu perlu mengetahui penyebab jerawat secara mendalam agar bisa melakukan pencegahan atau penanganan jerawat yang ada pada wajah.

Beberapa hal berikut menjadi penyebab munculnya jerawat pada pria:

1. Kurangnya merawat kebersihan wajah
2. Stres yang nggak dikelola dengan baik
3. Aktivitas di luar ruangan
4. Makanan yang dikonsumsi

Selain itu, ada juga hal-hal sepele yang biasa dilakukan setiap hari yang menjadi faktor penyumbang munculnya jerawat pada kulit wajah, seperti penggunaan ponsel yang jarang dibersihkan.

Hal utama yang bisa kamu lakukan untuk merawat jerawat adalah menjaga kebersihannya dengan rutin membersihkan wajah dan menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Selama ini kebanyakan pria cenderung menggunakan produk untuk merawat kulit berjerawat tanpa peduli dengan kesesuaian produk terhadap kondisi kulit. Padahal perawatan wajah yang tepat bisa membantu mengatasi jerawat dengan efektif, seperti Essential Acne Kit yang diformulasi khusus untuk menyesuaikan kondisi kulitmu.

Nggak cuma jerawat aja yang diatasi, tapi juga menjaga kesehatan kulit serta memperbaiki tekstur kulit yang juga cenderung bermasalah saat mengalami jerawat.

Lalu Bagaimana Hubungan Antara Masturbasi dengan Jerawat Pada Pria?

Masturbasi nggak menyebabkan jerawat.

Perubahan hormon dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Masturbasi juga dapat menyebabkan perubahan kadar hormon, tetapi hal itu bisa kembali normal setelah ejakulasi.

Perubahan hormon saat masturbasi sangat minim dan nggak berkontribusi pada perkembangan jerawat.

Masturbasi dan timbulnya jerawat bisa terjadi pada waktu yang hampir bersamaan. Keduanya biasanya terjadi selama masa pubertas. Hal inilah yang mungkin menjadi sumber kebingungan dan mitos bahwa masturbasi menyebabkan jerawat.

Jadi, bagi pria yang sudah nggak berada pada masa pubertas, sebaiknya pahami penyebab jerawat dan rutin menjaga kebersihan dan kesehatan wajah secara konsisten karena jerawat bisa muncul kapan saja dengan berbagai penyebab.