Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Penyebab dan Cara Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata
Lifestyle
31 March 2021

Preview 30 Seconds

Kesibukan dan kurang tidur memang nggak bisa dihindari dalam kehdiupan sehari-hari. Ditambah kebiasaan hidup yang nggak sehat, seperti merokok dan sering minum minuman beralkohol dapat membuat penampilan jadi terlihat lebih tua dan timbul lingkaran hitam di bawah mata.

Lingkaran hitam di bawah mata timbul bukan hanya karena kamu kelelahan dan kurang tidur saja, tapi juga kebiasaan sehari-hari yang menjadi gaya hidup. Memiliki lingkaran hitam di bawah mata bisa mengganggu penampilan.

Sebagai pria yang memiliki banyak kesibukan membuat kamu sering tidur larut malam dan waktu tidur pun nggak terpenuhi dengan maksimal sehingga pagi harinya mata memiliki lingkaran hitam dan berkantung. Hal itu bukan hanya mengganggu kesehatan saja, tapi penampilan juga menjadi kusam dan nggak segar. Hal terburuknya lagi adalah kamu terlihat lebih tua.

Lingkaran hitam di bawah mata bisa dikatakan lebih sulit diatasi daripada kulit kering atau jerawat. Banyak faktor yang menyebabkan adanya lingkaran di bawah mata. Jika pada wanita bisa ditutupi dengan make up, maka akan sulit bagi pria untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, kecuali mengatasinya sebaik mungkin.

Penyebab Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Lingkaran hitam di bawah mata terjadi saat kulit bagian bawah kedua mata tampak menggelap. Berbeda dengan memar yang terjadi di salah satu mata akibat cedera atau bengkak karena infeksi.

Lingkaran hitam di bawah mata biasanya terjadi saat seseorang kelelahan atau mengalami kurang tidur. Mengutip dari Byrdie, menurut Katie Hitchcock, ahli kulit, mengapa lingkaran hitam bisa terjadi di bawah mata karena kulit di bagian tersebut lebih halus dan tembus cahaya.

Saat muda, orang memiliki lebih banyak lemak di bawah kulit yang menutupi warna kebiruan pembuluh darah. Seiring bertambahnya usia, hal itu menjadi berkurang dan aliran darah lebih mudah terlihat. Nggak cuma itu, kulit sekitar mata juga mengendur dan lipatannya memberikan tampilan cokelat yang lebih gelap.

Sirkulasi darah yang memburuk membuat pembuluh darah di sekitar mata menjadi membesar dan berwarna lebih gelap.

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, yaitu :

1. Gaya hidup

Gaya hidup bisa memengaruhi pembentukan lingkaran hitam di bawah mata. Gaya hidup yang kurang sehat yang bisa memperburuk lingkaran hitam di bawah mata ialah merokok, pola makan yang buruk, serta kafein dan alkohol berlebihan.

2. Kelelahan

Tidur secara berlebihan, kelelahan yang ekstrim, dan bergadang merupakan pemicu lingkaran hitam di bawah mata. Kurang tidur bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kusam dan pucat sehingga pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih jelas. Kurag tidur juga bisa bikin cairan di bawah mata menumpuk dan menjadi bengkak.

3. Genetik

Riwayat keluarga juag berpengaruh terhadap kemungkinan kamu memiliki lingkaran di bawah mata. Hal ini bisa jadi bawaan yang mulai terlihat sejak masa kanak-kanak dan bisa memburuk semakin bertambahnya usia. Penyakit tiroid juga menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

4. Kurang tidur

Tidur cukup merupakan hal yang diperlukan untuk mendapatkan kulit sehat dan penampilan yang segar. Saat kamu kurang tidur, sistem peredaran darah terganggu dan darah pada pembuluh di bawah kulit mata nggak mengalir dengan baik. Selain itu, produksi kolagen juga berkurang sehingga lingkaran hitam dan kantung mata lebih terlihat.

5. Dehidrasi

Dehidrasi menjadi penyebab umum timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh nggak mendapatkan cairan yang cukup, kulit di bawah mata menjadi lebih kusam dan mata terlihat cekung.

Cara Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kamu bisa mengatasi lingkaran hitam di bawah mata dengan beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Gaya hidup

Ini adalah hal utama yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Kamu bisa menambahkan ekstra bantal di kepala untuk membantu mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di sekitar mata. Jika kamu kesulitan tidur cukup untuk karena pekerjaan yang banyak, maka jadwalkan semua agenda dengan baik dan jika ada yang bisa dikerjakan di esok paginya, maka itu lebih baik agar tidur kamu cukup.

2. Kompres dengan mentimun

Aplikasikan potongan mentimun pada mata. Mentimun membantu menenangkan mata lelah dan mengurangi pembengkakan pada mata. Kandungannya yang tinggi air dan dan vitamin C bisa membantu menutrisi dan melembabkan kulit mata.

3. Kompres dengan kantung teh

Kantung teh bisa membantu mengurangi lingkaran hitam dan pembengkakan di bawah mata. Kafein pada teh sebagai antioksidan yang melancarkan sirkulasi darah pada area mata. Rendam dua kantung teh pada air panas lalu diamkan sampai lebih dingin.

Ambil kedua kantung teh dan letakkan pada kedua mata. Kamu juga bisa menyimpannya di kulkas sebelum memakainya untuk mendapatkan efek lebih segar.

Kamu juga bisa menggunakan krim khusus untuk mata sehingga menjaga elastisitas kulit sekitar mata dan tentunya mengurangi lingkaran hitam. Terapkan pola hidup sehat, tidur cukup, dan asupan bernutrisi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan jauh dari lingkaran hitam di bawah mata.