Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Self-care Untuk Kesehatan Mental Pria
Lifestyle
17 February 2021

Preview 30 Seconds

Pernah merasakan penat dengan aktifitas sehari-hari? Atau mungkin justru nggak tau mau ke mana hidup akan dibawa? Dan sederet pertanyaan-pertanyaan lain soal kehidupan bisa sangat mengusik jika kamu nggak mengenali diri dengan baik, terlebih nggak tau apa yang kamu mau.

Itulah pentingnya setiap orang melakukan self-care. Self-care bukan hanya soal fisik saja tapi juga mental. Self-care untuk kesehatan tubuh dan jiwa secara menyeluruh penting adanya untuk meraih hidup yang lebih baik.

Self-care merupakan upaya untuk fokus pada diri sendiri. Peduli pada diri sendiri bukan tanda keegoisan tapi justru sebuah bentuk penerimaan diri, rasa cinta pada diri sendiri. Hidup akan terasa lebih berat saat kamu bahkan tidak benar-benar mengenali siapa dirimu dan apa yang kamu inginkan.

Semua manusia, baik pria maupun wanita pasti akan menemui hal-hal berat dalam hidup yang bisa menyebabkan stres, rasa cemas, hingga depresi. Pentingnya self-care adalah agar kamu bisa menata hidupmu menjadi lebih baik dan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Manfaat Self-care Untuk Kesehatan Mental

Bicara perawatan diri, bukan hanya soal tubuh secara fisik saja, tapi merawat mental pun sangat perlu agar hidup lebih baik dan tentunya lebih bahagia.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan saat sudah melakukan self-care, terutama soal kesehatan mental. Berikut beberapa manfaatnya :

1. Membantu mengelola stres

Kadang rutinitas sehari-hari bisa menimbulkan rasa bosan dan padatnya aktivitas bisa menimbulkan stres. Adanya self-care bisa menjaga suasana hati sehingga kamu bebas dari stres, kamu tetap memiliki energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Memberikan energi

Setiap orang punya mimpi dan cara-cara untuk mewujudkan mimpi itu. Dalam perjalanan mewujudkan mimpi tersebut, kamu memerlukan gairah dan energi positif. Dengan self-care maka kamu akan memiliki energi lebih.

3. Membantu menemukan tujuan hidup

Mengetahui tujuan hidupmu sangatlah penting. Begitu pula dengan apa yang kamu inginkan dalam hidup ini. Untuk mencapai hal tersebut, kamu bisa mulai dengan bersyukur atas apa yang telah kamu miliki.

4. Tubuh lebih rileks dan tenang

Jika kamu meluangkan waktu untuk diri sendiri, seperti main game atau menikmati waktu luang dengan hal yang disukai, maka tubuhmu akan jauh lebih rileks dan tenang.

Tips Menerapkan Self-care di Kehidupan Sehari-hari

1. Tidur cukup

Tidur sangat berperan penting untuk kesehatan dan mood kamu. Kurang tidur tentunya bisa menimbulkan masalah pada kesehatan dan juga emosi. Beberapa efek kurang tidur adalah mudah marah, sulit konsentrasi, hingga sakit kepala berkepanjangan. Pola tidur yang nggak teratur bisa disebabkan oleh berbagai macam, salah satunya adalah stres.

Agar kamu memiliki pola tidur yang cukup, buat kebiasaan tidur pada jam yang sama setiap hari. Jangan minum kafein setelah jam 4 sore dan jauhkan gadget dan tv sejam sebelum tidur.

2. Olahraga setiap hari

Olahraga bukan hanya menyehatkan secara fisik tapi juga dapat membangun mood menjadi lebih baik. Usahakan melakukan olahraga setiap hari. Bisa dimulai dengan olahraga ringan seperti jalan pagi setiap hari sebelum ke kantor atau yoga.

3. Berani berkata “tidak”

Seringkali mengatakan kata “tidak” atau menolak permintaan orang lain merupakan hal yang sulit dilakukan sehingga lama kelamaan kamu menjadi kesulitan untuk menolak hal yang tidak kamu suka. Hal itu tentu nggak baik untuk kesehatan mental kamu. Kamu menjadi memaksakan diri untuk hal yang sebenarnya nggak kamu suka atau di luar batas kemampuanmu.

Mulailah untuk belajar jujur terhadap diri sendiri dan jika kamu memang nggak bisa memenuhi undangan orang lain, maka katakan jika memang nggak bisa. Atau jika kamu merasa nggak mampu mengerjakan suatu hal, maka katakan bahwa kamu memang belum menguasai hal tersebut.

4. Lakukan hobi

Waktu libur atau setelah beraktifitas seharian bisa kamu gunakan untuk melakukan hobi. Jika kamu hobi basket atau golf, bisa kamu lakukan saat akhir pekan untuk menyegarkan pikiran. Kamu jadi memiliki pikiran dan tubuh yang segar untuk kembali memulai aktivitas rutin.

5. Perhatikan penampilan

Penampilan merupakan salah satu hal penting yang bisa membawamu pada kesuksesan. Maka, penting untuk merawat tubuh dan menjaga penampilan. Untuk mendapatkan penampilan yang prima, selalu jaga kebersihan wajah, konsumsi makanan bernutrisi, dan olahraga. Jika kamu memiliki kendala dalam hal penampilan, konsultasi dengan dokter ahli Norm dan dapatkan penampilan serta performa yang prima.