Shop
Program
Your Cart
Oooops...
Your cart is empty
Subtotal
IDR 0
Tips Menumbuhkan Rambut Pria Secara Cepat
Hair
6 January 2021

Preview 30 Seconds

Pertumbuhan rambut seseorang nggak semua memiliki kecepatan waktu yang sama. Tiap orang akan mengalami masa pertumbuhan yang berbeda. Faktor yang memengaruhinya pun berbeda. Namun, kamu nggak perlu khawatir jika ingin menumbuhkan rambut dengan cepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Rambut rontok menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi sebagian besar orang, termasuk para pria. Pertumbuhan rambut pun cukup memakan waktu sehingga ketika terjadi kerontokan, rambut terlihat semakin tipis dan hal itu dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Rambut sangat memengaruhi keseluruhan penampilan seorang pria. Jika awalnya kamu memiliki rambut gondrong, lalu memotongnya pendek atau cepak, maka wajah dan keseluruhan penampilan akan berbeda jauh dengan sebelumnya.

Sebaliknya, untuk kamu yang mengalami masalah rambut rontok, belum lagi beberapa bagian sudah mengalami kebotakan dini dan mundurnya garis rambut bagian dahi, pasti ingin menumbuhkan kembali rambut yang rontok untuk memperbiki penampilan.

Menumbuhkan Rambut dengan Cepat Secara Alami

Cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut seseorang salah satunya dipengaruhi oleh faktor gen. Ada yang pertumbuhan rambutnya cepat, namun ada pula yang memakan waktu lama. Tak hanya gen, cara seseorang merawat rambut juga bisa memengaruhi pertumbuhan rambut itu sendiri.

Untuk alasan kedua, kamu nggak perlu khawatir karena kamu bisa menumbuhkan rambut dengan cepat melalui berbagai cara berikut yang bisa kamu lakukan.

1. Rutin keramas

Merupakan persepsi yang salah jika menganggap rambut yang mengalami kerontokan dilarang sering keramas karena bisa menambah masalah kerontokan. Padahal, keramas secara rutin justru membantu rambut lebih sehat. Rambut yang bersih akan bebas minyak dan kotoran yang menimbulkan masalah rambut, terutama kerontokan.

2. Jangan menyisir rambut saat masih basah

Kebanyakan pria setelah keramas akan merapikan rambut dengan sisir. Hal itu justru membuat rambut menjadi rontok karena saat rambut basah dan kusut kemudian kamu merapikannya dengan sisir, rambut akan tertarik dan menyebabkan kerontokan. Jadi, saat rambut masih basah, rapikan dengan menggunakan jari-jari tanganmu saja.

3. Biarkan kering secara alami

Bukan hanya rambut wanita, beberapa pria mengeringkan rambut dengan hair dryer. Mulai sekarang hindari mengeringkan rambut dengan suhu yang tinggi. Lebih baik biarkan rambut kering secara alami. Jika kamu menggunakan pomade atau hair wax, gunakan setelah rambut kering dengan sendirinya untuk menghindari kerusakan dan kerontokan rambut.

4. Mengonsumsi protein dan vitamin

Batang rambut tumbuh di folikel kemudian rambut mati didorong keluar dan menyebabkan rambut rontok secara alami. Pada fase tertentu, rambut akan mengalami rontok untuk mengeluarkan rambut mati dan menggantinya dengan rambut baru.

Nah, untuk membuat sel baru, tubuh membutuhkan protein dan asam amino. Diet yang sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi protein untuk merangsang reproduksi sel dan pertumbuhan rambut lebih cepat. Kamu bisa mengonsumsi vitamin A, B, C, dan E yang didapatkan dari bayam, kubis, wortel, apricot, strawberry, kiwi, dan nanas. Untuk sumber protein, kamu bisa mengonsumsi telur, ikan, ayam, kacang, kismis, dan susu. Vitamin dan protein tersebut bantu rambut kamu tumbuh lebih cepat secara alami.

5. Tidur cukup

Jangan sepelekan masalah tidur karena porsi tidur juga memengaruhi pertumbuhan rambut. Saat tidur, tubuh meningkatkan sekresi hormone pertumbuhan yang dapat meningkatkan reproduksi sel, termasuk sirkulasi ke kulit dan rambut juga meningkat saat kamu tidur. Cukupi porsi tidur setidaknya 7 – 8 jam semalam untuk membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Selain itu, perhatikan juga bahan-bahan yang terkandung di dalam produk perawatan dan penataan rambut. Bahan-bahan tertentu bisa membuat rambut lebih kuat dan sehat. Sementara, beberapa bahan lainnya jsutru akan merusak rambut.

Bahan-bahan yang baik untuk rambut :

  • Protein
  • Keratin
  • Caffeine
  • Aloe vera
  • Essential oils
  • Shea butter
  • Fruit and seeds oil (kelapa, argan, zaitun, dan sebagainya)

Bahan-bahan yang harus dihindari :

  • Sulfate
  • Alkohol
  • Peroxide
  • Bleach
  • Phthalates

Jika kamu mengalami rambut yang rontok berkepanjangan, segera konsultasikan masalah kamu kepada dokter ahli Norm untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi rontok dan menumbuhkan rambut secara cepat.