Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15
Hubungi Kami
CART
CART
Jika anda sudah melakukan konsultasi atau memiliki akun, silakan Login disini.
NOTE: Jika sudah memiliki akun Elio, silakan login dengan email dan password yang sama.
Next step
Jawab pertanyaan dokter
Isi kuisioner singkat agar dokter dapat meninjau permasalahan kamu.
Selesaikan pemesanan
Selesaikan pemesananmu dan lakukan pembayaran.
Pengiriman cepat
Perawatanmu akan dikirim kemanapun kamu berada.
Dengan mengklik tombol Lanjut, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.
CART
Login
Don’t have an account? SIGNUP

Fakta Unik Rambut Manusia yang Jarang Diketahui

Hair Loss
17 November 2020

Preview 30 Seconds

Rambut nggak cuma tumbuh di bagian kepala saja tapi juga tumbuh di beberapa bagian tubuh lainnya, seperti tangan, kaki, ketiak, kemaluan, dan berbagai tempat lainnya. Rambut yang ada pada tubuh memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah sebagai pengatur suhu dan mengurangi gesekan kulit. Selain itu, rambut juga ternyata memiliki jenis tersendiri. Ada beberapa fakta seputar rambut yang perlu kamu ketahui.

Rambut merupakan bagian tubuh yang ada pada setiap orang, baik di kepala, tubuh, ketiak, kemaluan, bahkan hidung. Rambut juga mempunyai banyak fungsi bagi tubuh. Selain untuk melindungi bagian tubuh, rambut juga memiliki fakta lain yang jarang diketahui.

Fungsi Rambut di Beberapa Bagian Tubuh

Saat memasuki fase puber, rambut pada tubuh manusia akan tumbuh di beberapa bagian tubuh, seperti ketiak dan kemaluan. Pada wanita, rambut ini akan muncul di usia 10 – 12 tahun, sedangkan pria pada usia 11 – 14 tahun.

Fungsi rambut ini juga bukan hanya sebagai tanda seseoarang telah memasuki masa pubertas tapi juga melindungi dari bakteri dan mengurangi gesekan yang dapat menimbulkan luka atau goresan.

Manfaat rambut pada tangan

1. Mengatur suhu tubuh

Jika kamu pernah merasa merinding atau bulu kuduk naik saat dingin, di situlah fungsi rambut pada kulit bekerja. Salah satu fungsi rambut adalah sebagai pengatur suhu tubuh.

Saat kamu kedinginan, rambut secara otomatis akan meremang untuk menangkap suhu panas sehingga menjaga tubuh dari rasa dingin.

2. Fungsi sensori

Kamu bisa merasakan semut merambat di tangan juga karena adanya bulu di tangan. Folikel rambut bisa merasakan ketika ada perubahan. Akar rambut akan merasakan adanya gangguan atau benda asing, kemudian mengirimkan sinyal ke sistem saraf pusat untuk merespons. Nah, adanya rambut ini, kamu bisa merasakan temperatur, rasa sakit, hingga sentuhan.

Manfaat rambut pada kemaluan

1. Mengurangi gesekan

Area kelamin merupakan tempat yang sensitif sehingga keberadaan rambut menjadi hal yang penting untuk menguragi adanya gesekan, baik saat beraktifitas maupun saat melakukan aktivitas seksual.

2. Melindungi dari bakteri

Rambut kemaluan melindungi kemaluan dari kotoran dan mikroorganisme berbahaya. Rambut kemaluan juga memproduksi sebum untuk mencegah bakteri berkembang biak. Selain itu, rambut pada kemaluan juga melindungi dari infeksi.

Manfaat rambut ketiak

1. Membuat seseorang atraktif

Bulu ketiak bisa melepaskan aroma yang mengandung feromon, hormon alami yang berperan membuat seseorang terlihat menarik secara seksual. Rambut ketiak juga dapat memberikan kelembaban. Namun, kebersihannya juga harus dijaga supaya kuman nggak berkumpul dan menimbulkan bau yang nggak sedap.

2. Mengurangi gesekan

Adanya bulu ketiak bisa mengurangi gesekan pada kulit, terutama saat kamu sedang berlari atau berjalan.

Fakta Unik Rambut Manusia

Kamu mungkin menyadari bahwa rambut di tubuhmu memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu rambut yang tipis dan tebal. Nah, ternyata jenis rambut tersebut juga punya nama, yaitu terminal dan vellus.

Rambut jenis terminal merupakan rambut tebal yang berada di ketiak, kemaluan, serta jenggot dan kumis. Sedangkan vellus adalah rambut tipis yang terdapat pada tangan atau kaki.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik lain seputar rambut yang jarang diketahui. Berikut beberapa faktanya!

1. Ada tungau yang hidup di bulu mata

Tungau atau binatang kecil semacam parasit hidup di bulu mata. Tungau dengan genus Demodex ini berukuran sangat kecil sehingga nggak bisa dilihat dengan mata telanjang. Dalam jumlah normal, kehadiran tungau ini justru bermanfaat.

Tungau ini memakan kulit mati yang ada di sekitar bulu mata dan kelopak mata. Namun, jika jumlah tungau ini berlebihan maka akan menimbulkan iritasi seperti kemerahan dan gatal.

2. Rambut mengatur suhu tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu fungsi rambut adalah mengatur suhu tubuh. Saat kamu sedang berolahraga atau beraktifitas berat dan kamu berkeringat maka fungsi rambut adalah sebagai penahan keringat dan mendinginkan tubuhmu.

Sebaliknya, sata udara dingin, rambut berfungsi sebagai penahan suhu panas tubuh untuk menghangatkan tubuhmu.

3. Rambut membawa minyak

Mungkin kamu pernah berada pada kondisi rambut lepek dan berminyak? Hal itu dapat terjadi karena saat tumbuh rambut akan melewati kelenjar minyak. Kelenjar minyak tersebut memberikan rambut minyak untuk membuatnya lembut dan berkilau.

Mungkin kamu pernah berada pada kondisi rambut lepek dan berminyak? Hal itu dapat terjadi karena saat tumbuh rambut akan melewati kelenjar minyak. Kelenjar minyak tersebut memberikan rambut minyak untuk membuatnya lembut dan berkilau.

4. Bentuk folikel menentukan jenis rambut

Tiap orang punya jenis rambut yang berbeda-beda, ada yang lurus, keriting, bergelombang, halus, kasar, bahkan tipis. Perbedaan jenis rambut pada tiap orang ditentukan oleh folikel, yaitu tempat rambut tumbuh. Folikel tersebut juga dipengaruhi oleh gen.

5. Rambut di tubuh lebih pendek dari rambut kepala disebabkan oleh fase rambut

Rambut memiliki siklus hidup, seperti fase anagen (tumbuh), katagen (transisi), dan telogen (istirahat). Pada rambut di tubuh, fase anagen hanya berlangsung dalam hitungan minggu sehingga fasenya pendek dan menyebabkan rambut pada tubuh nggak bisa tumbuh panjang. Berbeda dengan rambut di kepala yang memiliki fase anagen sampai tahunan sehingga dapat tumbuh panjang.

Menjaga kesehatan rambut sangatlah penting. Rutin mencuci rambut dan mengonsumsi makanan penuh nutrisi juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut. Seperti yang kita tahu bahwa jika rambut dibiarkan tanpa dirawat akan menimbulkan masalah yang tentunya dapat mengganggu penampilan.

Related Article