Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15
Hubungi Kami
CART
CART
Jika anda sudah melakukan konsultasi atau memiliki akun, silakan Login disini.
NOTE: Jika sudah memiliki akun Elio, silakan login dengan email dan password yang sama.
Next step
Jawab pertanyaan dokter
Isi kuisioner singkat agar dokter dapat meninjau permasalahan kamu.
Selesaikan pemesanan
Selesaikan pemesananmu dan lakukan pembayaran.
Pengiriman cepat
Perawatanmu akan dikirim kemanapun kamu berada.
Dengan mengklik tombol Lanjut, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.
CART
Login
Don’t have an account? SIGNUP

Masalah Kulit Wajah yang Paling Sering Dialami Pria

Acne
20 August 2020

Preview 30 Seconds

Kulit adalah organ tubuh yang paling luar dan rentan terhadap berbagai jenis hal berbahaya yang dapat merusak kulit. Masalah kulit, terutama wajah bukan cuma punya wanita karena nyatanya para pria pun punya sederet masalah terkait kulit wajah.

Hobi begadang ternyata bisa bikin masalah kulit. Bercukur juga bisa menimbulkan masalah bagi kulit bekas cukuran. Lalu, jerawat juga jadi salah satu masalah yang nggak hanya dialami mereka yang masih puber karena jerawat juga bisa menyerang kulit kapan saja.

Masalah pada kulit wajah sebetulnya dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Masalahnya pun bermacam-macam sesuai kondisi kulit seseorang. Namun, bedanya antara pria dan wanita untuk masalah kesehatan kulit adalah kepedulian. Jika wanita akan sesegera mungkin mencari cara untuk mengatasi masalah kulit wajah, maka pria cenderung acuh dan menganggapnya hal sepele sampai masalah pada kulit wajah menjadi lebih parah.

Padahal menjaga kesehatan kulit itu penting banget karena peran kulit sebagai benteng yang menjaga kamu dari berbagai macam hal yang membahayakan tubuh. Pada wajah, kulit berperan menjaga wajah dari debu, kotoran, kuman, dan sebagainya. Makanya, wajib untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara menyeluruh.

Masalah Kulit Wajah yang Sering Dialami Pria

Meski nggak pakai make up setiap hari seperti wanita, tapi bukan berarti pria bebas dari masalah kulit wajah. terlebih bagi kamu yang memiliki rambut pada wajah, seperti brewok atau kumis. Butuh perawatan ekstra untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas masalah.

Apa saja sih masalah pada kulit wajah yang paling sering dialami para pria?

1. Mata Panda

Kamu para pria yang suka begadang dengan berbagai alasan, mata panda jadi hal sudah biasa terjadi sehingga nggak terlalu khawatir soal itu. Mata panda atau lingkaran hitam pada area sekitar mata identik dengan kurang tidur atau kebiasaan begadang.

Kebiasaan yang bisa menyebabkan mata panda adalah begadang. Begadang membuatmu kurang tidur sehingga area sekitar mata menjadi lebih gelap. Kebiasaan begadang membuat kulit mata menjadi lebih tipis dan kekurangan kolagen, makanya pembuluh darah di area mata jadi lebih kelihatan.

Nggak cuma itu aja, stres dan asupan yang kurang nutrisi juga bisa berpengaruh terhadap mata panda, guys. Hal itu tentu merusak penampilan wajahmu karena jadi terlihat lelah dan nggak segar.

Mata panda bisa diatasi dengan rutin olahraga, menjaga jam tidur cukup, dan mengompres area mata dengan irisan timun dingin atau masker mata yang sekarang sudah banyak dijual di pasaran.

2. Razor Bump

Buat kamu yang memiliki jenggot atau brewok biasanya akan rutin mencukur rambut pada wajah. Namun, nggak jarang hal itu menimbulkan masalah, seperti iritasi atau bahkan razor bump. Razor Bump atau pseudofolliculitis barbae adalah kondisi ketika rambut terperangkap ke dalam folikel rambut.

Nah, ketika rambut yang melengkung ini tumbuh kembali ke dalam kulit, terjadilah peradangan dan reaksi terhadap benda asing. Kondisi ini kemudian menyebabkan jaringan parut mirip keloid yang berbentuk benjolan keras di daerah brewok dan leher.

Gejala yang dialami akibat razor bump adalah benjolan kemerahan yang disertai dengan gejala pendamping, seperti :
a. Gatal
b. Rasa sakit
c. Papula kecil (benjolan padat dan bundar)
d. Pustula (berisi nanah)
e. Luka pada bekas cukuran

Kamu bisa mengatasi razor bump dengan memilih alat cukur yang pas dan menggunakan lidah buaya sebagai pereda gejala di atas. Lidah buaya merupakan antibakteri dan anti inflamasi alami yang mampu mengatasi kemerahan dan peradangan pada area bekas cukuran.

3. Jerawat

Pada pria, masalah jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari homon seks hingga gaya hidup nggak sehat. Kamu yang rajin berolahraga juga tetap memiliki kemungkinan untuk mengalami wajah berjerawat jika nggak dirawat secara maksimal.

Saat olahraga, produksi keringat berlebih bisa menyebabkan wajah berminyak sehingga bisa menambah jumlah jerawat. Bukan berarti kamu nggak perlu berolahraga, hanya saja harus diimbangi dengan perawatan wajah yang tepat dan maksimal.

Beberapa jenis jerawat yang umumnya dialami oleh banyak orang adalah :
a. Blackhead atau komedo hitam (komedo terbuka)
b. Whitehead atau komedo putih (komedo tertutup)
c. Papula (tonjolan kemerahan dan nyeri)
d. Pustula (benjolan besar dan lunak berisi nanah)
e. Nodul (mirip papula namun bengkak di bawah tapi tidak memiliki nanah)
f. Jerawat kistik atau jerawat batu (terletak jauh di bawah kulit namun terasa nyeri)

Untuk mengatasi masalah jerawat, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat, dan menjaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci wajah dua kali sehari, serta menggunakan krim untuk wajah berjerawat yang efektif mengatasi jerawat serta memperbaiki tektur kulit.

Lawan jerawatmu dengan Night Cream Elio!

Jadi, para pria sebaiknya lebih memperhatikan kesehatan kulit wajah untuk menjaga kesehatan dan penampilan. Kalau penampilanmu oke, pasti makin pede kan buat melakukan banyak hal?

Related Article