Konsultasi dan Pesan
Pembelian Produk
Keluhan Pelanggan
CART
CART
Jika anda sudah melakukan konsultasi atau memiliki akun, silakan Login disini.
NOTE: Jika sudah memiliki akun Elio, silakan login dengan email dan password yang sama.
Next step
Jawab pertanyaan dokter
Isi kuisioner singkat agar dokter dapat meninjau permasalahan kamu.
Selesaikan pemesanan
Selesaikan pemesananmu dan lakukan pembayaran.
Pengiriman cepat
Perawatanmu akan dikirim kemanapun kamu berada.
Dengan mengklik tombol Lanjut, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.
CART
Login
Don’t have an account? SIGNUP

5 Jenis Olahraga Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Other
26 February 2021

Preview 30 Seconds

Selama ini kita menganggap sehat saja cukup untuk bisa mendapatkan kesejahteraan hidup. Namun, nyatanya sehat saja nggak cukup untuk bikin kamu menjalani aktivitas dengan maksimal. Tubuh juga harus bugar agar tetap memiliki mood yang baik dan tentunya energi untuk beraktivitas.

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar, kamu bisa melakukan olahraga yang bukan hanya baik untuk tubuh tapi juga mampu membangun mood dan menjaga kesehatan mental. Lakukan olahraga secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang senantiasa sehat dan bugar.

Tubuh yang sehat merupakan sebuah investasi jangka panjang harus terus dijaga. Hampir sebagian besar orang memiliki aktivitas padat sepanjang minggu. Namun, sepadat apapun aktivitas yang dijalankan, menyisihkan waktu untuk berolahraga adalah sebuah keharusan.

Sama seperti saat berinvestasi, kamu nggak langsung merasakan manfaatnya, tapi setelah beberapa tahun ke depan. Pun sama dengan kesehatan tubuh, jika sekarang kamu nggak langsung merasakan manfaatnya, maka beberapa tahun ke depan kamu akan berterimakasih pada diri sendiri karena sudah menjalankan hidup sehat, kamu bisa menikmati hari tua tanpa penyakit dan tentunya hidup lebih bahagia.

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, diperlukan aktivitas fisik yang rutin dan sesuai porsi. Jadi, jika kamu belum melakukan aktivitas fisik secara rutin, segera mulai kembali. Jika melakukannya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat aktivitas fisik bagi tubuh :

1. Hidup lebih lama

Soal umur memang nggak ada yang bisa jamin, tapi setidaknya dengan olahraga maka kamu akan bisa membuat hidup lebih sehat dan jauh dari penyakit. Melansir dari SehatQ, beberapa penelitian mengemukakan bahwa aktivitas fisik bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker.

2. Menurunkan risiko penyakit

Penyakit kardiovaskuler, diabetes tipe 2, metabolic syndrome, serta kanker bisa dihindari dengan melakukan aktivitas fisik rutin selama 150 menit per minggu. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa meningkatkan kualitas hidup.

3. Menjaga berat badan

Aktivitas fisik rutin selama 30 menit dalam seminggu bisa membantu menjaga berat badan ideal dan kesehatan secara menyeluruh.

5 Jenis Olahraga Untuk Bantu Menjaga Kebugaran Tubuh

Agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan maksimal, tubuh bukan hanya perlu sehat saja, tapi juga bugar. Tubuh sehat belum tentu bugar, pasti ada saja keluhan, seperti pegal-pegal, nggak berenergi, dan sebagainya.

Maka, untuk menjaga kebugaran tubuh, diperlukan aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, seperti olahraga. Berikut 5 jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk dilakukan secara rutin :

1. Jalan kaki

Meski terdengar sepele, namun jalan kaki memberikan manfaat bagi tubuh dan otak. Jalan kaki bisa membantu menurunkan kolesterol, memperkuat tulang, serta mencegah penyakit jantung dan diabetes.

Bukan cuma manfaat untuk fisik, jalan kaki juga terbukti bisa memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat, dan mencegah penyakit pikun saat tua nanti.

Lakukan jalan kaki setidaknya 30 menit selama empat hari. Atau kamu juga bisa menggunakan treadmill selama 30 menit.

2. Senam kegel

Senam kegel baik untuk membantu menguatkan otot panggul yang menopang kandung kemih. Otot panggul yang kuat bisa menurunkan risiko inkontinensia urine, yaitu ketidakmampuan tubuh mengontrol keinginan buang air kecil.

Manfaat senam kegel baik untuk pria dan wanita sangat bagus. Pada pria, senam kegel bisa mencegah ejakulasi dini dengan cara meningkatnya kemampuan untuk mengontrol ejakulasi.

Cara melakukan senam kegel adalah seperti kamu sedang menahan buang air kecil. Tahan selama 2-3 detik kemudian lepaskan dan ulangi sampai 10 kali. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan senam kegel sebanyak 4-5 kali sehari.

3. Angkat beban

Angkat beban membutuhkan kekuatan tangan sehingga manfaat olahraga yang satu ini adalah mengencangkan otot dan tubuh. Bukan hanya itu, angkat beban juga memberikan manfaat lain, seperti menurunkan berat badan dan meningkatkan kekuatan tulang.

Kamu bisa melakukan angkat beban dengan menggunakan dumbel di rumah. Angkat beban juga mampu menguatkan otot punggung, bisep, dan trisep.

4. Berenang

Renang bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga yang sempurna. Saat berenang, seluruh tubuh bergerak dan hal itu baik juga untuk otot.

Bagi penderita radang sendi (artritis), renang bisa menjadi pilihan untuk berolahraga. Manfaat renang bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, tapi juga mental dan meningkatkan suasana hati.

5. Basket

Hampir sama dengan renang, saat bermain basket, seluruh tubuh berkoordinasi dan bergerak saat melakukan basket. Manfaat yang didapatkan selain kebugaran adalah membantu meningkatkan kekuatan tulang dan kesehatan jantung. Secara mental, latihan basket bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang dan membangun hubungan sosial dengan baik saat kamu bermain dalam tim.

Related Article