Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15 Diskon 15% hemat hingga 200 ribu di pesanan pertama untuk Hair Loss atau Acne! Gunakan promo: DISKON15
Hubungi Kami
CART
CART
Jika anda sudah melakukan konsultasi atau memiliki akun, silakan Login disini.
NOTE: Jika sudah memiliki akun Elio, silakan login dengan email dan password yang sama.
Next step
Jawab pertanyaan dokter
Isi kuisioner singkat agar dokter dapat meninjau permasalahan kamu.
Selesaikan pemesanan
Selesaikan pemesananmu dan lakukan pembayaran.
Pengiriman cepat
Perawatanmu akan dikirim kemanapun kamu berada.
Dengan mengklik tombol Lanjut, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku.
CART
Login
Don’t have an account? SIGNUP

Tips Merawat Wajah Pria Agar Awet Muda

Acne
5 November 2020

Preview 30 Seconds

Terlihat awet muda bukan hanya diinginkan oleh wanita saja, para pria pun pasti menginginkan penampilan yang tampak muda dan segar.

Tapi, memiliki kulit wajah yang awet muda nggak cukup hanya dengan cuci wajah sehari sekali. Ada hal lain yang harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya. Jangan menganggap sulit cara untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda. Tips berikut membantu kamu mendapatkan wajah dan penampilan yang lebih muda.

Kebanyakan pria cuek dengan penampilannya sehingga sering mengabaikan perawatan wajah. Nggak sedikit yang beranggapan kalau perawatan wajah cuma dilakukan oleh wanita. Padahal kenyataannya semua orang membutuhkan perawatan wajah, baik pria maupun wanita karena kulit wajah perlu dijaga agar tetap sehat dan awet muda saat usia tua.

Sebetulnya merawat wajah nggak serumit yang dibayangkan oleh para pria. Banyak hal simple yang bisa dilakukan untuk merawat wajah tetap bersih dan segar. Bonusnya, jika pria melakukan perawatan wajah sejak dini, wajah akan terjaga dan tampak awet muda meski sudah berusia matang.

Karakteristik Kulit Pria

Pria mungkin menganggap kulit wajah tiap orang sama saja dan nggak ada perbedaan secara spesifik antara pria dan wanita. Namun, nyatanya kulit wajah pria memiliki karakteristik yang berbeda dengan wanita.

Beberapa karakteristik kulit wajah pria di antaranya adalah :

1. Kulit wajah pria lebih tebal dan berminyak

Mengutip dari facetofeet, kulit wajah pria lebih tebal, berminyak, dan hangat karena pria memiliki lebih banyak pembuluh darah dibanding wanita.

Kulit pria memiliki ketebalan 20% lebih tinggi dari kulit wanita. Hal itu terjadi karena kulit pria memiliki kadar kolagen yang lebih tinggi dari wanita. Makanya, wanita akan lebih gampang mengalami kerutan dan keriput dibandingkan pria.

2. Rambut di wajah lebih banyak

Ada sekitar lima juta rambut di seluruh tubuh pria. Rambut tersebut terbagi dua jenis, yaitu rambut vellus yang berkarakter tipis dan rambut terminal yang berkarakter kasar dan lebih tebal.

Pada saat puber, hormon testosterone mengubah rambut vellus menjadi lebih kasar dan tebal. Rambut tersebut tumbuh di lengan, kaki, ketiak, kemaluan, dan dagu. Pria memiliki rambut di wajah lebih banyak dan tebal karena dipengaruhi oleh hormon testosteron.

3. Kelembaban kulit lebih tinggi

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa kulit pria lebih hangat dibanding wanita karena pembuluh darah pria lebih banyak dibanding wanita. Hal itu juga membuat suhu tubuh pria meningkat sehingga keringat yang dihasilkan pun lebih banyak untuk menyeimbangkan suhu. Produksi keringat yang berlebihan membuat kulit, termasuk wajah menjadi lebih lembab dan nggak mudah kering. Berbeda dengan kulit wanita yang mudah kering.

4. Pori-pori wajah pria lebih besar

Dibandingkan wanita, pria memiliki pori-pori yang lebih besar dari wanita sehingga wajah pria akan lebih mudah berjerawat ketika kebersihan wajah nggak dijaga.

5. Tesktur kulit wajah pria lebih kasar

Kulit wajah pria mengandung stratum corneum, yaitu lapisan yang terbentuk dari keratin. Lapisan ini merupakan lapisan terluar dari lapisan kulit pertama atau epidermis. Stratum corneum berfungsi menyerap cairan dan melindungi lapisan kulit yang ebrada di bawahnya. Nah, ketebalan kulit wajah pria juga dipengaruhi oleh tebalnya lapisan stratum corneum ini.

Setelah mengenali karakteristik wajah, pria bisa melakukan berbagai cara untuk selalu menjaga kesehatan wajah agar tetap segar dan awet muda.

Inilah Tips Mudah Merawat Wajah Pria Agar Awet Muda

Merawat wajah nggak sesulit yang dibayangkan pria. Ada cara yang mudah dilakukan untuk menjaga kulit tetap muda dan bebas masalah. Berikut beberapa tips untuk wajah muda dan sehat :

1. Senyum

Ya, senyum. Kamu nggak salah baca kok. Hal utama dan paling mudah untuk menjaga wajah tetap muda adalah dengan tersenyum. Senyum membuat kamu terlihat lebih segar dan bahagia.

Jika kamu terlalu sering marah, tubuh akan menghasilkan hormon noradrenalin yang dapat mempercepat proses penuaan dan memperburu sistem imun tubuh sehingga kamu jadi mudah sakit. Itulah mengapa kamu disarankan untuk sering tersenyum.

Saat kamu tersenyum, tubuh akan mengeluarkan neurotransmitter bernama endorphin yang memiliki efek menenangkan dan meningkatkan mood. Nah, endorphin ini kebalikan dengan hormon sebelumnya. Endorfin justru bisa memperlambat penuaan dan membantu mempercepat penyembuhan saat sakit.

2. Cukupi waktu tidur

Meski terdengar sepele tapi pola tidur sangat memengaruhi kondisi kulitmu. Saat tubuhmu kurang tidur, maka kulit wajah akan kelelahan dan timbul masalah.

Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 6 – 8 jam sehari. Jika kurang dari itu, kulit pada mata bagian bawah akan menghitam dan membuat kantung sehingga menyebabkan wajah menjadi kusam dan lebih tua.

3. Rutin bersihkan wajah dan gunakan masker

Cuci wajah secara teratur 2x sehari, sebelum dan setelah beraktifitas untuk menjaga wajah senantiasa bersih dan bebas dari kotoran dan minyak. Pilih sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Selain itu, gunakan masker wajah, baik bahan alami ataupun sheet mask, satu atau dua kali seminggu untuk menjaga kelembaban wajah. Pria nggak salah kok pakai masker demi menjaga kesehatan dan kelembaban kulit.

4. Ubah penampilan

Penampilan juga bisa berpengaruh terhadap wajahmu. Ubah penampilan mulai dari gaya rambut. Pilih potongan rambut yang segar dan rapi serta mencerminkan karakter kamu.

Berikan perawatan lebih pada rambut di wajah, seperti jenggot, kumis, dan bulu hidung. Rapikan rambut di wajah secara rutin dan pastikan nggak mencuat ke mana-mana dan memberikan kesan berantakan dan lebih tua.

Setelah itu, perhatikan gaya berpakaian kamu, apakah sudah cukup mendukung tujuanmu untuk terlihat lebih muda? Sesuaikan juga dengan usia dan kepribadianmu.

5. Pakai pelembab setiap hari

Hal ini sangat penting untuk menjaga dan merawat kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit normal, bisa memilih krim untuk menjaga elastisitas kulit. Sedangkan kamu yang memiliki wajah berminyak, dapat menggunakan pelembab yang mampu mengurangi kadar minyak.

Nah, bagi kamu yang mengalami masalah jerawat, gunakan rangkaian Essential Acne Kit yang terdiri dari Day Cream dan Night Cream. Day Cream mengandung bahan aktif yang mampu mengatasi jerawat. Sedangkan Night Cream selain untuk mengatasi jerawat, juga dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat. Tak hanya itu, Essential Acne Kit juga disesuaikan dengan kondisi kulitmu sehingga perawatan wajah berjerawat kamu lebih maksimal dan hasilnya sesuai yang diinginkan.

Selain semua hal di atas, kamu juga harus melakukan olahraga secara rutin serta mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi untuk menunjang kesehatan sel-sel tubuh untuk tetap sehat dan muda.

Related Article